Do It With Passion or Not at all

Setelah sekian lama blog ini sepi pengunjung dan emang gak pernah diisi sama sekali dari beberapa tahun yang lalu. Mulai hari ini saya bertekad untuk mulai menulis lagi, yeay. Banyak banget cerita yang ingin saya bagikan selama vacum dari blog, terakhir bikin post itu Januari 2017, huooo udah lama banget ya.

Shortstory

Selama tahun 2017 itu saya mendapatkan pekerjaan formal pertama saya setelah lepas dari dunia kuliah dan freelance. Saya bekerja di sebuah instansi pemerintahan yang cukup strategis. Saya bekerja di Kementerian Kesehatan RI sebagai bagian dari Humas yang berhubungan langsung dengan masyarakat, media massa, dan dunia maya. Gimana rasanya kerja di instansi pemerintahan? Buat saya, dimanapun kita bekerja selagi kita menjalaninya dengan sepenuh hati dan enjoy, apapum terasa enak aja dijalani. Banyak banget yang tanya ke saya tentang rasanya kerja di sebuah Kementerian, yang berhubungan dengan seorang Menteri, ya saya sih selalu jawab kerja di Kemenkes enak banget buat saya. Sesuai passion? Sejauh ini, alhamdulillah saya bekerja di bidang yang memang saya tekuni selama ini saat kuliah, maupun saat menjadi freelancer disana sini, bahasa kerennya sih “it’s a beautiful thing when a carrer and passion come together“. Kira-kira begitulah gambaran pekerjaan yang saya jalanin selama ini.

Banyak yang tanya juga “kenapa sih ndin, jalan-jalan terus?”

Sebetulnya itu bukan jalan-jalan, saya sedang tugas dinas luar kota namanya. Kenapa kelihatannya asik betul jalan-jalan gitu? Jadi gini, seperti yang saya bilang tadi di atas kalo kita menjalaninya dengan sepenuh hati apapun akan enak saja dijalani walaupun rasanya kadang capek banget, kurang istirahat, dan gak seperti yang dibayangkan kok kalo kita bisa leha-leha jalan-jalan. Buat gambaran aja nih ya, misalkan kita tugas ke kota A karena akan ada acara disana pada tanggal 2 misalnya, ya kita biasanya berangkat pada hari sebelumnya yaitu tanggal 1 sore atau siang (tergantunng ketersediaan penerbangan), sampai di kota A kita akan langsung meninjau tempat pelaksanaan acara, mengkondisikan lokasi, dll. Setelah itu semua, kita biasa kembali ke hotel larut malam untuk istirahat supaya pagi hari sebelum acara dimulai kita semua sudah standby di lokasi. Setelah itu apa? Ya setelah itu kita pulang ke Jakarta di hari yang sama setelah selesai acara. Tapi balik lagi kalo kita enjoy ya apapun akan terasa menyenangkan dijalani.

Kok bisa sih kerja di Kemenkes? Kan kamu lulusan Bahasa bukan Kesehatan?

Mungkin buat yang berpikir kalo semua pekerjaan itu harus 100% sesuai sama jurusan yang kita ambil saat kuliah, saya adalah orang yang paling nggak setuju, kenapa? Ya karena buat saya, ilmu apapun bisa kita pelajari di luar dunia kuliah. Saya adalah salah satu orang yang percaya kalau pekerjaan itu gak saklek, artinya kalo kita menekuni apa yang kita sukai, pasti itu akan berguna kok buat kita. Siapa sangka sih kalo instansi kesehatan kaya gini ternyata butuh orang-orang muda, kreatif, uptodate, dan passionate? Disemua bidang, orang-orang yang tetap percaya sama passion meraka tuh pasti dapat rejekinya masing-masing kok.

Dulu saya pikir, bekerja sendiri sebagai freelancer adalah pilihan terbaik untuk orang seperti saya. Bebas menetukan penghasilan sendiri, bebas mau bekerja dimana aja mulai dari cafe, co working space, sampe tempat-tempat hits yang punya wifi kenceng. Tapi ternyata enggak juga sih, kerja di posisi saya sekarang pun saya masih bisa melakukan hal-hal tersebut kaya ngerjain kerjaan di cafe, co-working space dsb. Pernah suatu ketika saat saya jadi freelance, saya mendapatkan job dari teman kuliah saya saat di Jogja dulu. Saat itu dia lebih dulu mendapatkan pekerjaan yang juga berhubungan dengan instansi pemerintahan daerah waktu itu, ada satu job yang dia kasih ke saya dengan deadline yang cukup mepet. Setelah pekerjaan itu selesai, tiba-tiba aja teman saya itu menghilang gak bisa dihubungi. Ya dari situ saya mulai mikir aja sih, apa segitunya instansi pemerintahan kalo mempekerjakan orang-orang seperti saya? Tapi ternyata enggak gitu sama sekali, kesan yang saya dapatkan selama ini beda jauh sama perlakuan teman saya waktu itu.

Oiya mau nambahin dikit ya ceritanya, ternyata selama ini kalo kita lihat media sosial instansi pemerintahan moodnya udah berubah kan ya, di era kaya sekarang ini udah gak ada jaman lagi kaku-kaku, nah salah satunya ya karena berbagai instansi pemerintahan itu sudah mulai diisi sama anak-anak passionate kaya kita sekarang.

Banyak juga ceritanya ya padahal cuma short story doang hahaha. saya mau bagi beberapa postingan tentang pekerjaan ini sih sebetulnya, mulai dari kota mana aja yang pernah saya kunjungi, kegiatan apa saja yang dilakukan, dan kenapa sih bisa bekerja disini untuk beberapa tahun. Tunggu yah

Lesson to learnnya sih tetap nikmatin apa yang sudah kamu dapatkan, baik pekerjaan, ataupun kehidupan lainnya yang kamu miliki sekarang. Menikmati apa yang kamu miliki adalah kuntji supaya tetap enjoy menjalani semua prosesnya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s